AMCF BANTU KORBAN GEMPA DI SUMBAWA

AMCF Bantu Korban Gempa di Sumbawa

Jakarta, Asian Muslim Charity Foundation (AMCF) memberikan hibah kepada korban yang terkena dampak dari gempa Lombok. Seluruh perhatian tertuju di Lombok, sedangkan sedikit sekali Lembaga sosial yang hadir di Sumbawa (24/9).

Penyaluran hibah proyek fisik, bantuan sosial dan sanitasi untuk para korban gempa, AMCF fokuskan penyaluran di Desa Gontar Baru, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagai lembaga sosial AMCF memiliki visi, menjadi lembaga amal International dalam mewujudkan kulitas hidup masyarakat yang religius dan haromis membangun 1 Masjid darurat, 1 tempat wudhu, tenda pengungsian dan 4 MCK.

Tim Humanitarian Center AMCF juga merencanakan penambahan 1 tempat wudhu, 2 Kelas TK/PAUD, 6 unit MCK umum, Themporary Shelter per KK. Kemudian juga mendirikan hunian sementara agar masyarakat bisa tidur dengan layak.

Bantuan Terpal, Alas Tidur dan Selimut

Selain itu, Joko Setiawan, S.ST  selaku Manajer Humanitarian Center menginformasikan bahwa AMCF memberikan pelayanan yang komperhensif bagi masyarakat sekitar.

“Jumlah layanan kami mencapai lebih dari 450 KK dengan pelayanan yang komprehensif seperti: sembako, air mineral dalam kemasan, air bersih yang diambil langsung dari pdam dengan kapasitas pendistribusian 15.000 liter per hari, terpal, selimut, dan juga alas tidur.” Ucapnya

Air minum merupakan sebuah sumber kehidupan, kebutuhan masyarakat terhadap air bersih juga di distribusikan AMCF dengan mobil tangki kemanuasiaan yang dikirim dari Humitarian Center wilayah Jawa Timur.

Bantuan Air Bersih

 Program layanan juga melakukan kegiatan psikososial untuk kelompok rentan, trauma healing untuk anak-anak, membaca surat Yasin dan konselor Keagamaan. Bantuan lain seperti pelayanan Kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas setempat.

AMCF dalam menjalankan program kemanusiaan selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah setempat, seperti pos TRC BPBD Kabupaten Sumbawa, Dansektor IV untuk wilayah Sumbawa, Sumbawa Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumbawa, Kecamatan Alas dan Alas Barat, Kepala Desa Gontar Baru, RW&RT serta Kepala Dusun setempat.

Hal ini agar program yang AMCF laksanakan benar-benar tepat sesuai kebutuhan dan mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Direktur AMCF Ahmad Faisal Siregar mengatakan, program tersebut merupakan program lanjutan dari bantuan AMCF di Lombok Utara.

Program bantuan di Lombok Utara, AMCF melakukan konvoi kemanusiaan mengirim tim medis, bantuan obat-obatan, pembangunan tenda, sembako, hiburan untuk anak-anak, penyaluran air bersih, peralatan mandi untuk bayi.

Kepedulian kepada negeri hadir untuk membantu sesama manusia yang sedang mendapat musibah, AMCF hadir menolong manusia tanpa deskriminasi suku, agama, ras dan golongan. (AMCF: Sirajul Fuad Zis)

 

 


Form Komentar
Nama
Email
Web/Blog
Isi Komentar
Masukkan Kode Berikut