Dapatkan inspirasi dari orang-orang yang anda bantu
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Wakil Bupati Pangkajene dan Kepulauan apresiasi Program Pelayaran Kapal Kemanusiaan 04 AMCF Susuri 6 Pulau diwilayah Pesisir dan Kepulauan Pangkep

amcf.or.id – Kapal Kemanusiaan 04 AMCF kembali melaksanakan program kemanusiaan yaitu Susur 6 pulau terpencil di kabupaten pangkajenne dan kepulauan yaitu pulau Pala, Pulau Podang-podang, Pulau Kulambing, Pulau Karanrang, Pulau Layya dan Pulau Cengkeh.

Program susur pulau ini dilaksanakan sejak tanggal 2 – 13 April 2021 dengan beragam kegiatan kemanusiaan yang behasil dilaksanakan antara lain Pembangunan Rumah Untuk Dhuafa 1 Unit, 16 Unit Panel Surya, 200 Paket sembako, 4 Unit Kursi roda dan 3 Unit Tongkat, Pemeriksaan Kesehatan 250 warga, Pembagian masker dan penyuluhan protokol kesehatan covid-19, perpustakaan apung bagi anak-anak, penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, layanan pendidikan dan keagamaan yang dilakaanakan efektif 13 hari lamanya, ujar Khaeruddin selaku Administrator Kapal Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan.

Tepat tanggal 1 Ramadhan 1442 H bertepatan dengan tanggal 13 April 2021, program susur pulau AMCF telah selesai dilaksanakan ditandai dengan acara peresmian rumah dhuafa yang terletak di Pulau Pala, Desa Mattiro Dolangeng, Kec. Liukang Tupabbiring Kab. Pangkajene dan Kepulauan.

Peresmian rumah dhuafa dihadiri langsung oleh Bapak Wakil Bupati Pangkep, H. Syahban Sammana, S.H, Dewan Pembina AMCF, Dr. Muh. Ali Bakri, S.Sos, M.Pd, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Drs. K.H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I dan Ketua BPH Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Gagaring Pagalung, S.E., M.Si., Ak., CA.

Dalam sambutannya Bapak Wakil Bupati Pangkep mengapresiasi Program Kemanusiaan AMCF karena AMCF telah menjadi mitra Pemerintah Pangkep sejak tahun 2018 dalam membantu masyarakat kepulauan yang sangat membutuhkan apalagi di masa pandemi covid-19 ini.

“Mewakili pemerintahan kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, kami mengucapkan banyak terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada AMCF melalui program Kapal Kemanusiaannya telah menyusuri pulau-pulau yang ada di Pangkep selama 13 hari dalam memberikan bantuan bantuan sosial kemasyarakatan. Tidak banyak lembaga atau Yayasan seperti AMCF yang bisa konsisten memberikan pelayanan sosial kemasyarakatan di wilayah kepulauan. Semoga sinergitas seperti ini tetap berlanjut”.

Dr. Muh. Ali Bakri, M.Pd, yang turut hadir dalam memberikan sambutannya menyampaikan “Selaku representasi AMCF di Sulawesi Selatan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Ketua BPH Unismuh Makassar yang mendukung pelaksanaan Program Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan ini. Berkat dukungan semua pihak, pencapaian tujuan AMCF upaya membantu masyarakat yang sangat membutuhkan di wilayah-wilayah pulau terpencil khususnya di Indonesia dapat kita realisasikan dengan baik berkat sinergitas dan kolaborasi secara bersama-sama.” Ujar Dewan Pembina AMCF Pusat tersebut.

Program Pemberian Sembako, disela-sela peresmian Rumah untuk Dhuafa di kepulauan Pangkajene

Prof. Dr. H. Gagaring Pagalung, S.E., M.Si., Ak., CA, yang mewakili Universitas Muhammadiyah Makassar menyampaikan bahwa melalui kegiatan-kegiatan kemanusian yang dilaksanakan oleh AMCF sebagai mitra Unismuh Makassar dalam program pemberdayaan masyarakat perlu mendapat dukungan masyarakat, pemerintah dan termasuk perguruan tinggi yang memiliki tanggungjawab dalam mencerahkan masyarakat melalui tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Selaku ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar akan mengupayakan membangun sinergi dan kolaborasi yang lebih strategis lagi setelah melihat langsung di lapangan program dan sasaran kapal kemanusiaan AMCF di masyarakat., ujar Dekan Fakultas Ekonomi UNHAS pada periode lalu.

Drs. K.H. Mawardi Pewangi yang mewakili Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan juga menyampaikan sambutannya bahwa AMCF telah lama bermitra dengan persyarikatan Muhammadiyah sejak tahun 1992. Pada awal pendiriannya AMCF bergerak di bidang pembangunan Masjid, panti asuhan, sekolah, klinik kesehatan, pengiriman da’i dan pendirian 20 ma’had-mahad di Indonesia termasuk Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. saat ini AMCF terus mengembangkan programnya khususnya pada bidang kemanusiaan di Indonesia baik itu kapal kemanusiaan dan pusat kemanusiaan. Kapal Kemanusiaan AMCF Sulawesi Selatan berkantor di kampus Unismuh Makassar sejak didirikan pada tahun 2018 yang lalu. Semoga kegiatan kemanusiaan seperti ini terus dilanjutkan agar masyarakat dapat dibantu dan diberdayakan termasuk pemberdayaan bidang ekonominya., ujar Wakil Rektor IV Unismuh Makassar ini.

Di akhir acara peresmian, Wakil Bupati Pangkajenne dan Kepulauan menganugerahkan Piagam Penghargaan kepada Dewan Pembina AMCF Pusat, Dr. Muh. Ali Bakri, S.Sos, M.Pd atas nama Yayasan Muslim Asia (AMCF) atas dedikasi dan kepeduliaan dalam melaksanaan program kemanusiaan selama ini di Sulawesi Selatan, lebih khusus di kabupaten pangkajenne dan kepulauan.

Penganugerahan Piagam Penghargaan oleh Bupati Pangkep kepada perwakilan AMCF

Related Posts